Minggu, 08 April 2012

Simbol-Simbol Paskah & Maknanya


TELUR PASKAH


 Telur Paskah berasal dari tradisi kesuburan kaum Indo-Eropa. Bagi para leluhur kita yang belum mengenal ajaran Kristian, sungguh merupakan peristiwa yang menakjubkan menyaksikan suatu makhluk hidup yang baru muncul dari suatu obyek yang tampaknya mati. Pada masa Kristen, telur merupakan makna religius, yaitu sebagai simbol makam batu darimana Kristus keluar menyongsong hidup baru melalui kebangkitan-Nya. Tradisi telur Paskah berkembang di antara bangsa-bangsa Eropa utara dan di Asia segera sesudah mereka masuk Kristen.
Pada abad pertengahan, menurut tradisi telur-telur dibagikan pada Hari Raya Paskah kepada semua pelayan. Terdapat catatan bahwa Raja Edward I dari Inggris (1307)  memerintahkan agar 450 butir telur direbus menjelang Paskah, diberi warna atau dibungkus dengan daun keemasan, yang kemudian akan dibagi-bagikannya kepada seluruh anggota keluarga kerajaan pada Hari Raya Paskah.
Telur Paskah biasanya dibagikan kepada anak-anak sebagai hadiah Paskah bersama dengan hadiah-hadiah lain.

Sumber : Renungan Young & Excellent (April 2011)

  
  

KELINCI PASKAH



 Kelinci Paskah berasal dari tradisi kesuburan masyarakat sebelum masa Kristiani. Kelinci merupakan binatang yang paling subur menurut para leluhur, karenanya kelinci dipergunakan sebagai simbol kehidupan baru yang melimpah di masa musim semi. Kelinci Paskah tidak pernah mempunyai makna religius dalam perayaan Paskah, meskupun dagingnya yang putih, kadang-kadang dikatakan melambangkan kemurnian dan tanpa cela. Gereja tidak pernah memberikan pemberkatan istimewa bagi kelinci. Namun demikian, kelinci mendapat peran yang menyenangkan dalam perayaan Paskah sebagai tokoh legenda penghasil telur-telur Paskah bagi anak-anak di berbagai negara.

Sumber : Renungan Young & Excellent (April 2011)

3 komentar:

  1. terimakasih atas infonya , ditambah lagi donk :)

    BalasHapus
  2. Ok Ibu, akan saya tambah dan bagi info/pengetahuan lainnya. Terimakasih sdh memberikan masukan dan mengunjungi blog saya.....:)

    BalasHapus
  3. slamat paskah ceci....
    makasih infonya...sy baru tahu kelinci k=juga salah satu simbol paskah....makasih..:)

    BalasHapus